Thursday, February 3, 2011

Part Kawasaki Ninja 250R

Pilihan Pelek Lebar Ninja 250R, Dari Yang Branded Sampai Copotan
Jakarta - Salah satu bagian motor yang sering diganti, pelek. Kebanyakan cari yang bertapak lebih lebar. Biar bisa pakai ban lebih besar. Selain lebih gagah, juga grip meningkat. Tak terkecuali pada pengguna Kawasaki Ninja 250R.

Sebenarnya secara ukuran, bawaan pabrik milik motor 2 silinder 250 cc ini cukup lebar. Depan 2,5 inci dan belakang 3,5 inci. Berpadu ban 100/70-17 di depan dan 130/70-17 di belakang. Tapi tetap banyak yang merasa kurang puas.

Mau ganti yang lebih lebar? Jangan bingung, di pasaran kini sudah banyak yang menjajakan, lo. Ada beberapa model dan ukuran, juga harga yang bisa disesuaikan dengan isi kantong. Selain itu ada pula pelek copotan.

Oh iya, kali ini kita bicarakan khusus pelek yang masih proporsional. Artinya tak terlalu jauh dari standar, sehingga tetap bisa menggunakan swing arm dan sokbreker standar. Depan sekitar 3-3,5 inci, belakang 4-4,5 inci.
Pelek copotan, salah satunya milik Aprilia RS125, namun mesti pintar cari yang masih bagus

Maka ban yang bisa terpasang lebarnya sekitar 110-120 untuk depan, belakang 140-150. “Untuk harian maupun turing jadi masih nyaman dan tak terlalu berat,” papar Tomi Bramudia, dari bengkel Ngayun Speed. Mau tahu apa saja? Simak terus!

Pertama ada pelek aftermarket dengan harga hemat. Kenapa hemat? Karena harga termasuk paling terjangkau. Salah satunya merek ZOX yang dijajakan hanya Rp 2,5 juta. Harga tersebut sudah include cakram floating.

“Pemasangan tanpa ubahan apapun,” beber Kimko, dari Kimko Motor di kawasan Ciledug, Tangerang. Warna yang ditawarkan pelek palang 6 ini ada hitam dan putih. Lebarnya depan 3 inci, sedang belakang 4,5 inci.

Pilihan kedua datang dari Probike di kawasan Arteri Kelapa Dua, Jakbar. Pelek yang didatangkan langsung dari Italia yang terkenal di dunia balap, Marchesini. Bahannya dari magnesium ringan, makanya mahal. Mencapai Rp 23 juta.
Didesain untuk Ninja 250R, makanya pemasangan plug n play. Namun belum dilengkapi cakram, sehingga harus memindahkan piringan bawaan. Ukuran dari pelek berpalang 10 ini ada dua pilihan; 3.00 x 17 dan 4.00 x 17 atau 3.50 x 17 dan 4.40 x 17. “Harga sama saja,” ujar Getty, staff Probike.

Pilihan ketiga bisa pilih copotan. Seperti ditawarkan Ngayun Speed, “Paling gampang dipasang dengan sedikit ubahan pakai milik Cagiva Mito 125,” papar Tomi. Pelek bermerek Grimeca ini depan berukuran 3 inci, belakang 4 inci. Soal harga berkisar Rp 5-6 juta.

Lainnya bisa comot dari Aprilia RS125. Ukuran sama dengan milik Mito. “Saya jual Rp 3,2 juta sudah termasuk cakram, ongkos pasangnya sekitar Rp 800 ribu – 1 juta,” sambar Ariawan Wijaya dari Baru Motor Sport di Palmerah, Jakbar.

Silakan dipilih

0 comments:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

Popular Posts

All About Automotive

 
 

Templates by OTO SP | CSS3 by Betr4y3r5 | Powered by {N}Code & Blogger